Wisuda Tahfidz MD Manba’ul Ulum Desa Maniskidul Kuningan

Al-Multazam (14/10) Jumat 11 OKtober 2019, 13 Shafar 1413 H. Alhamdulillah setelah 1 tahun tidak mendengar Acara Wisuda Tahfidz Al-Qur’an untuk anak-anak warga desa Maniskidul, maka dengan perantara Madrasah Diniyah Manba’ul ‘Ulum (MD-MU) ini terlaksana sudah Wisuda Tahfidz tahap pertama, yang bertempat di Masjid Jami’ Al-HIdayah desa Maniskidul. Walau dalam wisuda kali ini tidak seperti dahulu, dimana santri melaksanakan wisuda tahfidz per-Juz, untuk sekarang Alhamdulillah diawali dengan wisuda surat an-Nabaa , selanjutnya Hafalan 3 surat (An-Nabaa, An-Nazi’at dan ‘Abasaa), juga ada yang selesai Juz 29.

Dalamprogress report Ust. Nana Mulyana, selaku tenaga pengajar menyampaikan tecatat sebanyak 23 santri / siswa MD-MU yang diwisuda, di mana mereka melaksanakan hafalan setoran di sela-sela kesibukan belajar formil di sekolah maupun pembelajaran di MD-MU sendiri, sehingga dengan  sangat terbatas waktu mereka bisa menyelesaikan hafalannya.

“tercatat sebanyak 23 santri / siswa MD-MU yang diwisuda, di mana mereka melaksanakan hafalan setoran di sela-sela kesibukan belajar formil di sekolah maupun pembelajaran di MD-MU sendiri, sehingga dengan  sangat terbatas waktu mereka bisa menyelesaikan hafalannya”, ucap beliau dalam laporan.

Ust. Nana saat menyampikan laporan

beliau juga menyampikan dari jumlah keseluruhan santri hanya 35% yang melaksanakan wisuda, beliau berharap dapat bersama-sama saling mendorong antara sekolah, orangtua/wali santri serta para pengajar untuk mencetak anak-anak warga desa Maniskidul bisa membaca dan menghapal  al-Qur’an dengan sama baiknya.

” Walau dari jumlah keseluruhan santri yang itu hanya 35% yang melaksanakan wisuda. Tapi Insya Allah kalau bersama-sama saling mendorong antara sekolah, orangtua/wali santri dan juga kami para pengajar Insya Allah cita-cita kami untuk mencetak anak-anak warga desa Maniskidul bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan hafalan yang baik pula”, lanjutnya.

Demikian pula disampaikan pimpinan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam, yang diwakili Ust. Juheni selaku Kepala Departemen Humas, beliau menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas diwisudanya santri yang hafal beberapa surat dari Al-Qur’an. Beliau menyampaikan untuk mereka tidak berpuas diri atas raihan yang ada serta tetap berjuang untuk terus mencintai Al-Qur’an dengan menghafalkannya. selain itu beliau juga mengucapkanbanyak terima kasih atas segala support dari pemerintahan Desa Maniskidul dengan terselenggaranya kegiatan Pembelajaran di MD-MU ini.  beliau juga berharap ke depannya ada peningkatkan pelayanan dan tenaga pengajarnya.

Ust. Juheni memberikan sambutan mewakili Mudirul Mahad Al-Multazam

“saya ucapkan apresiasi sebesar-besarnya atas diwisudanya santri yang hafal beberapa surat dari Al-Qur’an, saya harap kalian  tidak berpuas diri atas raihan yang ada, tetapi tetap berjuang untuk terus mencintai Al-Qur’an salah satunya dengan menghafalkannya.  tak lupa ucapkan  terima kasih atas segala support dari pemerintahan Desa Maniskidul atas terselenggaranya kegiatan Pembelajaran di MD-MU ini. Sehingga ke depannya untuk ditingkatkan pelayanannya dan kami siap untuk membantu tenaga pengajarnya”. ucapnya

Sementara itu M. Sadiman selaku Kepala Desa Maniskidul, mengapresiasi dan memberikan selamat kepada seluruh wisudawan/wati atas proses hafalannya, dan harapan beliau untuk selalu meningkatkan hafalannya tidak hanya di Juz 30 tapi lanjutkan sampai menguasai Juz 29, 28 dan seterusnya.

“saya mengapresiasi dan memberikan selamat kepada seluruh wisudawan/wati atas proses hafalannya, saya harap untuk selalu meningkatkan hafalannya tidak hanya di Juz 30 tapi lanjutkan sampai menguasai Juz 29, 28 dan seterusnya”. ucapnya

Selain itu beliau berjanji akan memberikan bantuan sepenuhnya untuk terselenggaranya kegiatan Pembelajaran dan pendidikan agama di MD-MU, dan juga menyampaikan kepada orangtua untuk selalu memberikan dorongan kepada para putra/i nya untuk selalu semangat mengantarkan mereka belajar agama di manapun berada. Kalau saja bermain PS di support apalagi untuk investasi masa depan baik buat anak maupun untuk diri mereka sebagai amal sholeh para orangtua.

Kepala Desa Maniskidul saat memberikan Ijazah/sertifikat wisudawan

“kedepan kami pihak Desa akan memberikan bantuan sepenuhnya untuk terselenggaranya kegiatan Pembelajaran dan pendidikan agama di MD-MU, kemudian sya sampaikan kepada orangtua untuk selalu memberikan dorongan kepada para putra/i nya untuk selalu semangat mengantarkan mereka belajar agama di manapun berada. Kalau saja bermain PS di support apalagi untuk investasi masa depan baik buat anak maupun untuk diri mereka sebagai amal sholeh para orangtua”. lanjutnya

Turut hadir juga dalam acara tersebut Ketua DKM Al-Hidayah Ketua LPM Desa Manis Kidul, PLT Sekdes dan para Kadus, seluruh tenaga pendidik serta orang tua wali santri. Acara di akhiri dengan pemotoan dan ramah tamah seluruh orangtua dan para guru pengajar. (NM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *