Menghafal Hingga ke Jalan, Inilah Persiapan Santri Ponpes Terpadu Al-Multazam Menghadapi Sidang Munaqosah 2019

Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam, (25 Februari 2019), Pemandangan yang tidak biasa, itu yang terlihat pagi ini di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam 1, Desa Maniskidul Kec. Jalaksana Kab. Kuningan. Terlihat beberapa santri kelas 12 yang berkumpul dan menghafalkan materi-materi yang akan mereka uji pada Sidang Munaqosah 2019.

Hari ini adalah pelaksanaan sidang munaqosah yang merupakan salah satu syarat kelulusan dari Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam.

Menurut Departemen Pendidikan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam, sidang munaqosah merupakan rangkaian dari ujian di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam yang wajib diikuti oleh Santri kelas 12, selain sebagai syarat kelulusan, sidang munaqosah juga menjadi pembelajaran bagi santri dari mulai penentuan judul makalah, bimbingan dalam penyusunan makalah hingga sidang munaqosah.

Dalam sidang munaqosah ini, makalah santri diuji oleh tim penguji yang telah ditunjuk oleh Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam. Makalah yang disusun oleh santri merupakan hasil pengamatan terhadap persoalan atau permasalahan yang terjadi, baik di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam maupun persoalan yang sedang terjadi pada saat ini di Indonesia.

Dalam menghadapi sidang munaqosah, Departemen Pendidikan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam memberikan tips agar para santri dalam melaluinya dengan sukses, yaitu para santri haruslah menguasai isi makalah sehingga secara mental para santri lebih percaya diri untuk memaparkan isi makalah dan menjawab pertanyaan dari penguji, selain itu, pada saat sidang santri harus tenang dalam mempresentasikan makalah yang telah mereka tulis.

Para penguji makalah dalam sidang munaqosah maupun para Asatidz pembimbing berharap bahwa dengan pelaksanaan sidang munaqosah ini para santri dapat banyak belajar tentang penyusunan makalah, karena di jenjang pendidikan perguruan tinggi, mahasiswa akan sering membuat makalah semacam ini sehingga santri lulusan Pondok Pesantren Al-Multazam diharapkan dapat menyusun makalah dengan lebih baik. Selain itu, diharapkan para santri dapat mengaplikasikan apa yang telah mereka pelajari dari makalah yang telah santri tulis.

Foto lainnya dapat dilihat disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *