Sharing Season PHBS bersama Bagian Kesehatan Putra “Kebersihan adalah sebagian dari iman”

Sharing Season PHBS bersama Bagian Kesehatan Putra “Kebersihan adalah sebagian dari iman”

Al-Multazam (22/1) Masalah kebersihan memang tidak ada kata selesai dalam kehidupan manusia, hingga dalam kitab ilmu fiqh, bab thaharah (bersuci) atau yang berkaitan dengan kebersihan selalu ada pada awal pembahasan. Menanggapi tentang pentingnya dalam menjaga kesehatan jasmani, maka perlu adanya program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di lingkungan pesantren.

“Akal yang sehat terdapat dalam jiwa (tubuh) yang sehat”. Tutur Ust. Suhendra yang menjadi pemateri

Perilaku hidup bersih dan sehat harus dimulai dari diri-sendiri yang langsung diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan melibatkan seluruh unsur  yang ada dalam kehidupan sekelilingnya.

Salah satu agenda santri Ikhwan Al-Multazam, agenda pagi hari minggu kita ada agenda bersih2 asrama yang di dampingi wali asrama nya. Masing2.

Orang bijak mengatakan: “Manusia akan menjadi BISA karena 2 (dua) hal, BISA karena DIPAKSA dan BISA karena TERBIASA” dalam hal ini santri dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas kesehatan khususnya kesehatan jasmani, bahkan yang lebih menarik dan dapat menjadikan motivasi bagi santri adalah dengan adanya penilaian kebersihan dan kerapihan  kamar-kamar santri

Salah satu gebrakan kanit Keasramaan pada program kerjanya, yaitu adanya penilaian keberihan kamar. Dengan adanya penilaian kamar diharapkan seluruh santri dapat bersaing dalam kebajikan, sehingga tercipta suasana aman, nyaman, bersih  dan sehat baik jasmani maupun rohani. So, mari kita mulai kebaikan dari diri sendiri, dari yang terkecil dan dari sekarang (Arief)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *