Sidang Munaqosah Angkatan 12 Al-Multazam

Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam (18/01), Hari ini adalah pelaksanaan sidang munaqosah yang merupakan salah satu syarat kelulusan dari Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam.

Sidang munaqosah merupakan rangkaian dari ujian di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam yang wajib diikuti oleh Santri kelas 12, selain sebagai syarat kelulusan, sidang munaqosah juga menjadi pembelajaran bagi santri dari mulai penentuan judul makalah, bimbingan dalam penyusunan makalah hingga sidang munaqosah.

Dalam sidang munaqosah ini, makalah santri diuji oleh tim penguji yang telah ditunjuk oleh Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam. Makalah yang disusun oleh santri merupakan hasil pengamatan terhadap persoalan atau permasalahan yang terjadi, baik di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam maupun persoalan yang sedang terjadi pada saat ini di Indonesia.

Ust. M. Tri, S.E selaku panitia sidang munaqosah Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam 2020, mengatakan sidang munaqosah ini adalah untuk melatih para santri ke tahap jenjang pendidikan di perguruan tinggi.

“Tujuan sidang munaqosah ini agar para santri dapat belajar penyusunan makalah karena dalam prosesnya ini seperti penyusunan skripsi”.

Ditahun 2020 ini sidang munaqosah diikuti oleh 109 santri ikhwan dan 125 santri akhwat.

Sementara itu, salah seorang santri yang mengikuti sidang munaqosah mengaku grogi dalam menghadapi sidang munaqosah ini.

“Dari kemarin sudah persiapan untuk sidang, dari menghafal dan mengulang materi agar lebih paham sampai tadi malam pun dengan teman-teman Kita berdoa bersama, semoga sidang munaqosah ini lancar dan lulus dengan nilai terbaik”.

Hania juga berpesan kepada teman-teman, agar tidak bersuka cita berlebihan setelah sidang ini karena masih ada beberapa ujian yang harus dilalui seperti Ujian Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *