Pagi Mengaji Bersama Santri

Pagi Mengaji Bersama Santri

Mengaji di pagi hari merupakan salah satu program Pondok Pesantren Al-Multazam di tahun 2019. Program ini begitu dinanti oleh para santri tidak terkecuali santri SMAIT Al-Multazam. Di bawah pendampingan guru, mengaji pagi sudah menjadi rutinitas guru dan santri sebelum proses kegiatan belajar mengajar dimulai. Selain sudah menjadi rutunitas santri, juga menjadikan program ini sebagai salah satu gerakan literasi dalam hal ‘Iqra’ Al-Quran. Karena gerakan literasi bukan hanya membaca buku, melainkan bisa membaca apa saja. Apalagi kitab suci Al-Quran, pedomannya umat islam yang menjadi sumber dari segala sumber ilmu di dunia.

Dengan sigap, bagian kurikulum SMAIT Al-Multazam segera membuat absensi tilawah Al-Quran untuk kemudian direkap setiap bulan. Dengan dibuatkannya absensi tilawah, semakin membuat para santri semangat dan beromba-lomba untuk tetap mengaji walaupun belum ada guru di dalam kelas.

Adapun pelaksanaan atau teknis mengaji pagi, di setiap kelas santri mengaji mulai dari juz pertama berbarengan selama 10 s.d. 15 menit atau 3 sampai 4 halaman per-hari. Jadi selama satu bulan ada yang sudah mencapai 5 sampai 6 juz bahkan lebih dari itu. Program pagi mengaji atau mengaji pagi menjadi program unggulan yang harus tetap dijalankan dan dibiasakan. Pembiasaan baik akan berujung pada kebaikan yang didapat. Semoga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *