Melalui Ajang Kompetensi Seni Raih Sebuah Prestasi

Melalui Ajang Kompetensi Seni Raih Sebuah Prestasi

Al-Multazam (29/7) Festival Lomba Seni Siswa Nasional atau lebih dikenal FLS2N merupakan ajang paling bergengsi yang di setiap tahunnya selalu diselenggarakan oleh masing-masing kabupaten dan provinsi hingga nasional. Ajang festival ini sebagai wadah dalam menampilkan bakat seluruh siswa terutama di bidang seni. Mulai dari lomba cipta dan baca puisi, monolog, vokal dan gitar solo, tari berpasangan, desain poster, film pendek, serta kriya. Penampilan siswa dalam festival lomba seni ini begitu menakjubkan, walaupun persiapan lomba yang mereka jalani hanya beberapa hari, tetapi apa yang ditampilkan sungguh profesional.

Sabtu, 27 Juli 2019 menjadi hari penuh seni karena pelaksanaan festival ini diikuti oleh seluruh sekolah menengah atas di seluruh kabupaten salah satunya Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Penampilan demi penampilan mereka tunjukan guna menarik perhatian juri. Bukan hanya untuk menarik perhatian juri, melainkan lebih pada bahwa siswa Kuningan punya bakat dalam berseni bahkan talenta mereka luar biasa dalam bidang seni. Maka dalam hal ini pihak dinas kabupaten harus mampu memberikan sarana prasarana lebih kepada mereka guna menyalurkan bakat seninya.

Berkesenian itu memang indah, penuh hiburan, mampu mengembangkan minat dan bakat seseorang, juga salah satu bentuk dalam melestarikan budaya bangsa. Jika kata Bang Haji Roma Irama dalam lirik lagunya “hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga”, maka hidup tanpa seni pun memang negitu adanya, tanpa keindahan, gersang, tanpa bunga-bunga indah di sekelilingnya. Hidup sepertinya akan lurus-lurus saja, penuh kemonotonan. Berkesenian bukan berarti harus selamanya menggunakan alat musik dan dengan lagu yang membuat seseorang akan lupa waktu. Dalam berdakwah, mengajar, mendidik itu pun butuh ilmu seni agar apa yang disampaikan mudah dipahami dan dapat diterima dengan senang hati karena penyampaiannya penuh dengan perhatian dan keindahan serta kasih sayang.

Dalam FLS2N tahun 2019, Alhamdulillah Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Multazam menjuarai dua kategori lomba yakni baca puisi dan kriya dari 6 lomba yang diikuti santri. Kategori juara 2 itulah hasil keputusan dewan juri atas nama Nadia S. kelas XII IPS 3 dalam lomba baca puisi dan Indin Nabilatus Salsabila XII IPS 4 dalam lomba seni kriya. Walaupun tidak menduduki juara 1, tetapi bakat santri di bidang seni kriya dan puisi luar biasa mampu bersaing dengan sekian banyak sekolah lain di lomba yang sama. Itu artinya santri juga mampu bersaing dengan siswa negeri yang mungkin fasilitasnya jauh lebih banyak, bebas dalam hal penggunaannya dan lain sebagainya. Semoga bakat mereka tidak akan berhenti di sini, tapi lebih dikembangkan kelak setelah mereka melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Tentunya untuk ajang pengembangan bakat dalam berdakwah. Semoga

29/7/2019 -TimLiterasiSMAIT –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *