KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN OLEH UST. YUDI YUDISTIRA

Setiap sesuatu pasti memiliki keutamaannya sendiri-sendiri, tidak terkecuali dengan bulan Ramadhan yang memiliki banyak keutamaan. Diantara keutamaannya adalah sebagai berikut :

Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an

Sebagaimana kita ketahui bahwasanya apa saja yang berkaitan dengan Al-Quran menjadi mulia, misalnya Malaikat yang menyampaikan Wahyu (Al-Quran) menjadi semulia-mulianya Malaikat, ia adalah Jibril ‘alaihis salam. Nabi yang dengannya Allah ﷻ turunkan Al-Quran maka ia menjadi Sayyidul Anbiyaa Wal Mursalin, Beliau adalah Nabi Agung Muhammad ﷺ. Ummat yang dengannya diturunkan Al-Quran menjadi sebaik-baiknya ummat, mereka adalah Ummatnya Nabi Muhammad ﷺ. Dan bulan yang diturunkan Al-Quran menjadi sebaik-baiknya bulan, yaitu bulan Ramadhan.

Allah ﷻ berfirman :

شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهۡرَ فَلۡيَصُمۡهُۖ … 

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu… (Qs. Al-Baqoroh [2] : 185)

Setan-setan dibelenggu, pintu-pintu Neraka ditutup dan pintu-pintu Surga dibuka ketika Ramadhan tiba

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rosulullah ﷺ bersabda,

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

 “Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu.” (HR. Bukhari, no. 3277 dan Muslim, no. 1079.)

Setan-setan yang dimaksud dalam hadits di atas adalah para pemimpin Setan dari kalan Jin, sementara Jin-jin yang kafir dari anak buahnya setan masih memungkinkan untuk mengganggu manusia, misalnya Jin munafiq, jin Islam KTP, jin muslim yang awam dan lain sebagainya, oleh karena itu di Bulan Ramadhan bagi ummat Muslim yang awam kerap merasa ada was-was dalam menjalan ibadah puasanya di bulan Ramadhan, oleh karena itu penting sekali bagi kita semua untuk mempelajari segala sesuatu untuk menjalankan ibadah, agar baik ibadahnya sehingga bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

Sementara itu pada bulan Ramadhan, pintu-pintu Surga dibuka dan pintu-pintu Neraka ditutup. Hal ini bisa kita rasakan, betapa mudahnya melakukan amal shalih pada bulan Ramadhan dan kita mudah malu melakukan maksiat pada bulan tersebut. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan bulan ini sebagai ajang latihan untuk membiasakan diri beramal shalih dan menjauhkan diri dari perbuatan maksiat. Harapannya, ketika bulan ramadhan usai, kita sudah terlatih melakukan kebaikan dan menjauhi keburukan.

Terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan

Pada bulan Ramadhan, ada satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan (83,3 tahun) yang sengaja Allah ﷻ rahasiakan waktunya, agar semua berlomba-lomba dan tidak meremehkan satu malam pun di bulan Ramadhan.

Allah ﷻ berfirman :

إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ  ١ وَمَآ أَدۡرَىٰكَ مَا لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ  ٢ لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ خَيۡرٞ مِّنۡ  ٣

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (Qs. Al-Qodr [97] : 1-3)

Allah ﷻ juga berfirman :

إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةٖ مُّبَٰرَكَةٍۚ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ  ٣

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (Qs. Ad-Dukhon [44] : 3)

Yang dimaksud malam yang diberkahi adalah malam lailatul qodr (Tafsir Ath-Thabari, 21:6.)

Kendati demikian, malam Lailatul Qodr insyaAllah bisa didapatkan pada malam-malam ganjil di 10 terakhir bulan Ramadhan, oleh karena itu banyak kaum Muslimin yang beri’tikaf pada malam 10 terakhir untuk mendapatkan malam kemuliaan tersebut.

Bulan Ramadhan adalah salah satu waktu dikabulkannya doa

Diantara kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan, adalah sepanjang waktu bulan tersebut adalah sepanjang waktu terkabulnya doa, karena doa orang yang berpuasa sangat makbul apalagi pada bulan Ramadhan.

Dari Jabir bin ‘Abdillah ; Rosulullah ﷺ bersabda

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan. (HR. Al-Bazaar. Al-Haitsami dalam Majma’ Az-Zawaid, 10:149 mengatakan bahwa perawinya tsiqah (terpercaya). Lihat Jami’ul Ahadits, 9:224.)

Dari hadits di atas, mari kita perbanyak doa di setiap waktu kita, seringlah mendokan untuk meminta ampunan baik untuk diri kita, orang tua, keluarga kita, kerabat, tetangga dan kaum muslimin.

Doakan pula anak-anak kita agar menjadi anak yang shalih-shalihah dan menjadi orang-orang yang bermanfaat dan berilmu di masa yang akan datang.

————————————————————–

Salurkan Zakat dan Infaq anda Melalui Al-Multazam Peduli Via BSM 9903877788801098 AN. AM PEDULI DAN LAZ INFAQ atau BNI SYARIAH 9881469544401098 AN. AM PEDULI DAN LAZ INFAQ | KONFIRMASI 081223758998 | CALL CENTER 08996960883

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *