Karya Tulis Inspiratif Untuk Menghasilkan Pembelajaran Lebih Kreatif Akhirnya Diakui Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung

Karya Tulis Inspiratif Untuk Menghasilkan Pembelajaran Lebih Kreatif Akhirnya Diakui Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung

Al-Multazam (18/12) Tutut Setya Astuti, S.KM., guru kelas 6 SDIT Al-Multazam dan Asep Hermansyah, S.St., selaku Kepala Sie. Neraca Wilayah BPS kab. Kuningan menulis karya ilmiah berjudul “Metode Tutor Sebaya dan Pengaruhnya Terhadap Nilai Tryout UN-SD di SDIT Al-Multazam, TA. 2018-2019

Hebatnya,karya tulis tersebut berhasil masuk dan di-submit melalui Jurnal Online Pendidikan Dasar UPI Bandung Senin kemarin (17/12). Sehingga hal tersebut menunjukan kemampuan SDM Al-Multazam menulis sebuah karya ilmiah, dan menjadi referensi penelitian lainnya yang memiliki tema sama.

Menurut sang penulis,  karya tulis ini dibuat dengan latar belakang kegiatan pembelajaran di SDIT Al Multazam yang sangat dinamis, sehingga perlu diabadikan dan  layak dipelajari prosesnya. Penulis sendiri berharap tulisannya bisa menginspirasi para guru untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih kreatif di dunia pendidikan khususnya.

“Iya, karya tulis ini berlatar belakang pembelajaran di SDIT Al-Al-Multazam yang dinamis, sehingga perlu diabadikan dan saya kira laya dipelajari prosesnya. Dan harapan saya bisa menginpirasi para guru untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih kreatif.” Tuturnya

Penulis mengaku bahwa penelitian ini diselesaikan dalam kurun waktu 6 bulan, selama semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 yang melibatkan seluruh siswa kelas 6SDIT Al-Multazam dengan membuat perbedaan perlakuaan pembelajaran, yaitu dengan metode pembelajaran konvensional dan pembelajran peer group atau Tutor Sebaya. Hasilnya sangat signifikan dengan nilai lebih tinggi diperoleh siswa di kelas Eksperimen dengan metode peer groupatau Tutor Sebaya.

Harapannya,semoga kedepan semakin banyak kegiatan pembelajaran,  terutama di lingkungan YPI Al-Multazam HK yang dapat disampaikan kepada publik dalam bentuk karya ilmiah, sebagai bahan rujukan ataupun perbandingan tentang kelas ideal. (YY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *