Inilah Amalan Yang Utama Setelah Taat Kepada Allah dan RosulNya

Ust. Yudi Tahjudin

Ust. Yudi Tahjudin

Inilah Amalan Yang Utama Setelah Taat Kepada Allah dan RosulNya

Al-Multazam (30/11) Ibadah Jum’at merupakan salah satu nikmat yang Allah berikan kepada hambaNya untuk meningkatkan ketaqwaan mereka kepada Sang Pecipta, oleh karena itu tidak sah seorang khatib berkhutbah kecuali telah mewasiatkan taqwa.

Ust. Yudi Tahjudin menjadi khatib pada kesempatan jum’at ini (30/11) memberikan pemaparan tentang tema yang penting, yaitu berbakti kepada orang tua. Inilah amalan yang utama setelah taat kepada Allah dan RosulNya.

“Dalam sebuah hadits disebutkan seorang sahabat bertanya kepada Rosulullah Saw tentang amalan apa yang paling dicintai Allah Swt, maka Rosulullah menjawab Shalat pada waktunya, lalu apalagi yang Rosulullah, Berbakti kepada orang tua, lalu apalagi yang Rosulullah, Jihad di jalan Allah.” Paparnya

Disamping itu, pria yang kesehariannya membantu sekretaris Yayasan itu memaparkan banyak keutamaan berbakti kepada orang tua, misalnya diijabahnya doa yang dipanjatkan oleh seorang hamba kepada Allah Swt.

“Diceritakan ada 3 pemuda yang terkurung dalam gua, pintunya tertutup dengan batu besar, masing-masing dari mereka berdoa kepada Allah Swt dengan menyebutkan amalan shalih mereka, dan akhirnya pintu gua terbuka. Salah satu amalan yang disebutkan salah satu pemuda adalah berbakti kepada orang tuanya.” Jelasnya

Lebih jauh lagi, khatib memberikan nasihat agar terus berbuat baik kepada orang tua, dan tidak menjadi gugur kewajiban terhadap orang tua yang kafir sekalipun.

“Di dalam Qur’an surat Luqman dijelaskan bahwa Allah Swt memerintahkan kita semua untuk berbuat baik kepada orang tua, meskipun ia memerintahkan kita berbuat syirik. Perintah untuk berbuat syirik haram untuk ditaati, namun tetap kita wajib mempergauli orang tua di dunia dengan baik.” Tuturnya (YY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *