Dalam Upacara Dedikasi, KH. Adin Sampaikan 4 Hal yang Wajib Dilaksanakan dan Dijaga

Dalam Upacara Dedikasi, KH. Adin Sampaikan 4 Hal yang Wajib Dilaksanakan dan Dijaga

Al-Multazam (15/7) Upacara Deklarasi Kedisiplinan atau lebih dikenal dengan upacara dedikasi untuk para santri dan sdm yang diselenggarakan tadi pagi di lapangan serba guna Ponpes Terpadu Al-Multazam menjadi pembakar semangat untuk lebih disiplin pada tata tertib kepesantrenan.

Setidaknya ada 4 hal yang menjadi sorotan Pimpinan Pondok Pesantren, KH. Adin Nurhaedin, Lc., yaitu Shalat, Quran, Hijab dan Kebersihan. Menurut beliau 4 hal ini harus diperhatikan secara serius dan bersama-sama dalam menjalankannya.

Peserta Upacara

Shalat harus dilaksanakan tepat waktu, di Masjid, secara berjamaah dan mengingatkan untuk bersama-sama melaksanakannya. “Berdirilah untuk melaksanakan shalat ketika adzan berkumandang, meski banyak kegiatan.” Tuturnya menegaskan semuanya.

Al-Qur’an harus menjadi teman setiap aktifitas kegiatan para santri dan SDM, terlebih lagi visi Lembaga adalah Qur’ani, sehingga mushaf Al-Qur’an harus senantiasa dibawa dan dibaca. Pimpinan Pondok sekaligus Ketua IKADI Kab. Kuningan ini menjamin siapapun yang tidak punya mushaf akan langsung beliau beri, dan Alhamdulillah semuanya sudah memiliki mushaf.

Hijab Syar’i atau pakaian yang sesuai dengan syariat Islam, untuk perempuan atau akhwat harus menutup aurat minimal menutupi sampai lutut mereka dan kerudung harus menutupi dada mereka. Sedangkan laki-laki atau ikhwan dirasa sudah cukup meski ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu dilarang memakai celana pendek ke luar kamar atau memakai sarung dengan cara yang salah. Dalam pembahasan ini Mudirul Ma’had Al-Multazam mengadakan sayembara siapapun diantara para santri yang bisa desain baju serang yang syar’i akan diberikan hadiah senilai Rp. 10.000.000.

Ketua YPI Al-Multazam HK dan Mudir Melepaskan Balon Dedikasi

Masih dalam pembahasan, Mudirul Ma’had Al-Multazam kembali menegaskan kepada siapapun yang tidak siap untuk mengikuti peraturan, khususnya untuk menutupi aurat silahkan untuk meninggalkan Al-Multazam, sehingga mohon diperhatikan.

Kebersihan menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah pendidikan, bagaimana ilmu-ilmu yang luas itu dapat diamalkan kalau urusan membuang sampah pada tempatnya saja masih tidak bisa, padahal itu adalah perkara yang sangat sederhana, tinggal buang ke tempat sampah, tapi nyatanya masih banyak yang belum menyadari. Oleh karena itu dalam pembersihan ruangan, tembok, meja, pintu, kaca dan lain sebagainya memakan waktu yang sangat lama, lebih dari 1 bulan telah dihabiskan untuk membereskan itu semua, itupun belum selesai membersihkan dari tangan jail yang mencoret-coret dinding, pintu, meja, kursi, tembok, kaca, dan lain sebagainya.

Balon Dedikasi

Dalam pembahasan ini beliau sampaikan akan mendenda siapapun yang ketahuan mencoret-coret di semua fasilitas pondok. Beliau juga sampaikan tahu tidak boleh denda, oleh karena itu beliau juga sampaikan kalau beliau tidak ridha semua fasilitas pondok dirusak dan tidak dijaga, oleh karena itu beliau mengajak untuk sama-sama menjaganya, saling mengingatkan dan saling menasehati. Biarkan pondok pesantren ini tetap bersih dan nyaman untuk kita tinggali. (YY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *