Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Al-Multazam (Kamis, 19 Maret 2020) Melihat fenomena sulitnya mendapatkan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan di pasaran, serta turut berpartisipasi melawan penyebaran covid-19, tim guru MIPA dan siswa Ponpes Al-Multazam Kuningan telah meracik hand sanitizer sendiri. Rencananya produk ini akan digunakan oleh sivitas akademika almultazam (guru, santri dan adm)  sebagai  alternatif cairan pembersih tangan yang tidak memerlukan air untuk membilasnya.

Pembuatan hand sanitizer ini cukup sederhana, namun sudah sesuai dengan formula dan prosedur BPOM dan badan kesehatan Dunia WHO dengan bahan-bahan dasar diantaranya : etanol, gliserol, hidrogen peroksida dan air steril/ aquadest. Proses pembuatan hand sanitizer ini dilakukan siswa di Laboratorium Kimia dengan didampingi penuh oleh guru-guru MIPA Al-Multazam.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut pertama menyiapkan cairan Alkohol dengan kadar optimum efektif sebagai antiseptik 70-80%, kedua gliserol yang berfungsi memberikan sensasi lembut, Ketiga Hidrogen Peroksida (H2O2) yang berfungsi juga sebagai antiseptik pembunuh kuman dan terakhir adalah aquades. Keempat bahan-bahan cairan tersebut di campurkan dengan tingkat ketelitian yang tinggi sehingga menghasilkan hand sanitizer dengan kandungan yang tepat dan aman sesuai standar BPOM dan WHO.

Kemudian larutan yang telah tercampur dengan sempurna dipindahkan ke botol-botol hand sanitizer dan botol cadangan serta disimpan dulu selama 3 hari untuk memastikan tidak ada kontaminasi organisme dari wadah botol, setelahnya hand sanitizer siap di gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *