Bersama Ust. Suwarno, Asyiknya di Pondok tuh Belajar di Luar, Angin Sepoi-Sepoi Berasa Sejuk

Bersama Ust. Suwarno, Asyiknya di Pondok tuh Belajar di Luar, Angin Sepoi-Sepoi Berasa Sejuk

Al-Multazam (19/10) Tidak kata mengeluh dalam kamus santri, apapun kondisinya bisa jadi bahan pembelajaran buat mereka, baik di Masjid, Kelas, Kamar, Lapangan, bahkan di Gajebo pun jadi. Itu yang disukai dari santri, mereka itu hebat, mereka cerdas, mereka sederhana, mereka peduli dan mereka itu shalih-shalihah.

Ust. Suwarno dan para santri belajar di Gejebo - Photgrapher : Yudistira
Ust. Suwarno dan para santri belajar di Gejebo – Photgrapher : Yudistira

Menjadi pemandangan yang biasa, para santri ngumpul bareng gurunya di sebuah tempat yang teduh, lalu berbicara tentang agama. Namun kali ini berbeda, karena yang berbicara adalah salah satu Ust. Suwarno yang terkenal tegas, namun nampak wajahnya berseri-seri ketika mengajar.

Karakter tegas manakala beliau menemukan tindakan santri yang kurang baik, pasti beliau tegur. Pernah kami juga menjumpai beliau memperingatkan santri dengan nada agak keras, saat memperingatkan anak-anak santri belum shalat. Tapi itulah kasih sayang orang beriman, kalau dengan kelembutan tidak bisa mencegah kemungkaran maka cara lainnya dengan ketegasan. Dan insyaAllah beliau tegas namun tidak keras dan kasar, masyaAllah.

Di satu sisi, pada saat momennya, beliau begitu hangat dengan para santri dan dalam selingan pembelajarannya beliau masukan candaan agar tidak bosan di kelas atau di pembelajaran beliau.

Itulah mengapa, orang tua wajib memondokan anak-anaknya pada zaman sekarang, ibarat kata, zaman sekarang adalah zaman yang persis dengan zaman ashabul kahfi, dimana mereka menjauhkan diri dari hiruk pikuknya dunia dan pergaulan serta memilih tinggal di gua untuk menyelamatkan iman, hingga Allah tidurkan mereka dan membangunkan mereka pada zaman yang tepat untuk menjaga keimanan mereka.

Salah satu wali santri juga pernah mengungkapkan bahwa keberadaan anak-anak di pondok itu seperti ashabul kahfi, dimana kalau mereka hidup di luar ada bahaya godaan yang bisa menjerumuskan mereka pada jurang kehancuran, seperti pergaulan bebas, alkohol, judi, LGBT, merokok, tawuran dan sebagainya, namun di Pondok berbeda, karena senakal-nakanya anak di Pondok, mereka tetap shalat berjamaah, shaum Sunnah, tilawah, hafalan dan masih banyak lagi.

Itulah salah satu gambaran di pondok bersama dengan salah satu Ustadznya yang memiliki karakter Islami, insyaAllah keberadaan anak-anak kita di Pondok menjadikan asbab keridhaan Allah Swt kepada kita, aamiin. (YY)

 

Pendaftaran Santri Baru : https://bit.ly/2yi8Z70
Facebook : https://bit.ly/2uOnfCw
Twitter : https://bit.ly/2uzuFKD
Instagram : https://bit.ly/2zSrd2Q
Youtube : https://bit.ly/2O2DVPN
Website : https://bit.ly/2NnEgLq
Telegram : https://bit.ly/2NnEPVy

#PendaftaranSantriBaru
#AyoMondok
#Almultazam
#PesantrenTerbaik
#PesantrenQuran
#PesantrenBersih
#PesentrenSejuk
#PesantrenNyaman
#AyoMondokdiAM
#SayaSantriAlMultazam
#MediaAm
#AMTV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *