Begini, 3 Tips Kece Menghafal Al-Qur’an Ala Santri Milenial yang Jarang Diketahui

Al-Multazam 2 – Nizammudin Aulia Ghifari memulai menghafal Al-Qur’an sejak ia masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hafalannya pun dimulai dari juz pertama. Ia berasal dari keluarga yang sangat mendukung cita-citanya untuk menghafal Al-Qur’an. Sehingga menjadikannya semakin tambah semangat menghafal dan akhirnya atas izin Allah SWT, ia berhasil menyelesaikan hafalannya pekan lalu. Kisahnya dalam menghafal Al-Qur’an menjadikan inspirasi kebaikan bagi banyak orang.

Bagi kalian yang ingin mengikuti jejak Nizam menjadi penghafal Al-Qur’an selanjutnya, inilah 3 Tips kece dari ananda Nizam dalam menghafal Al-Qur’an :

1. Gunakan mushaf Al-Qur’an yang sama

Ini dapat memudahkan dalam capaian menghafal Al-Qur’an. Kita akan lebih mengetahui letak ayat dan surat apa saja yang telah di hafal.

2. Kaitkan bacaan dengan maknanya

Ia bercerita bahwa dengan membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan makna/artinya dapat lebih mudah dalam menghafal.

3. Selalu me-muroja’ah

Nah, kalau yang ini perlu banget, karena dengan selalu muraja’ah, Insyaallah hafalan akan senantiasa terjaga. Muraja’ah bisa di lakukan sebelum dan sesudah sholat, baik sholat fardhu maupun sholat sunnah.

Banyak sekali manfaat menghafal Al-Qur’an yang akan kita dapatkan. Salah satunya, dapat memberi mahkota yang terbuat dari cahaya untuk kedua orang tua.

Walaupun banyak cobaan yang akan dihadapi, akan tetapi lebih banyak lagi kemuliaan yang akan kita peroleh dalam menghafal Al-Qur’an.

Jadi, bagaimana nih milenials? Katakan “Kita pasti bisa menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar hingga 30 juz pastinya”. Aamiin.

Penulis : Saddam Hussein, S.Pd. (Guru SMPIT Al-Multazam 2)

Editor : Media AM 2 (RA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *