AMCo Gelar Pelatihan 5R untuk SDM

Al-Multazam (28/9) Untuk meningkatan kualitas  sumber daya manusia (SDM), Pondok Pesantren Al-Multazam melalui Al-Multazam Conection (AMCo) adakan pelatihan 5R. 5R tersebut adalah ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin yang diikuti oleh staff SDM, Wali Asrama dan Staff Pemeliharaan lingkungan hidup.

Pelatihan yang dihadiri oleh Kepala Departemen SDM Ust. H. Badrudin, Lc, Kepala Departemen Rumah Tangga, Ust. Endang Supriatna, S.Pd dan Kepala Badan Otonom AMCo Ust. Udin Saprudin, S.Pd, diharapkan memberikan edukasi serta pemahaman tentang pentingnya 5R kepada peserta yang nantinya dapat diterapkan dilingkungan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam.

Sebagaimana dalam sambutannya, Ust. Udin menyampaikan bahwa 5R ini ada korelasinya dengan karakter, habit dan kebiasaan yang dapat diimpelementasikan di Lingkungan Pondok Pesantren.

“di Pondok pun nantinya, Program 5R ini akan diimplementasikan dan ternyata program 5R ini ada korelasinya dengan karakter, habit dan kebiasaan” ucapnya.

Disamping itu, beliau juga sampaikan tujuan 5R ini bisa dijadikan standarisasi perawatan sarana dan prasarana, agar bisa memilih mana barang yang diperlukan dan tidak diperlukan serta bisa manata barang lebih rapih dan terstruktur.

“Tujuannya bisa dijadikan standarisasi perawatan sarana dan prsarana, jadi kita bisa memilih mana barang yang diperlukan dan tidak diperlukan serta bisa manata barang lebih rapih dan terstruktur”, lanjutnya.

Program 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) yang merupakan adaptasi program 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) yang dikembangkan di Jepang dan sudah digunakan oleh banyak Negara di seluruh penjuru dunia. Ini merupakan suatu metode sederhana untuk melakukan penataan dan pembersihan tempat kerja yang dikembangkan dan diterapkan di Jepang 5R merupakan budaya tentang bagaimana seseorang memperlakukan tempat kerjanya secara benar.

Sementara Itu Ust. Mujiono Selaku Pemateri menyampaikan bahawa 5R ini merupakan proses perubahan sikap untuk mengatur dan mengelola lingkungan menjadi lebih baik secara berkelanjutan dan dilakukan oleh individu serta ada keterkaitan dengan dunia pendidikan seperti, disiplin, tanggungjawab, habit prestasi dan akhlak mulia.

“5R ini sendiri merupakan proses perubahan sikap untuk mengatur dan mengelola lingkungan menjadi lebih baik secara berkelanjutan dan dilakukan oleh individu, 5R juga memiliki keterkaitan dengan dunia pendidikan seperti, disiplin, tanggungjawab, habit prestasi dan akhlak mulia”. Tuturnya (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *