Al-Qur’an Sebagai “Way of Life”

Al-Multazam 2 – Selasa (14/1/2020) Sudahkah kita membaca Al-Qur’an hari ini ? Sebuah pertanyaan yang seharusnya tertanam setiap saat di relung hati kita. Karena sudah semestinya bagi setiap muslim menjadikan Al-Qur’an sebagai way of life yang menuntun kehidupan dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi, dari zaman old, now or next. Bagi anak-anak, dewasa, maupun orang tua. Dan hebatnya kalau kita renungkan lebih dalam Al-Qur’an bisa merubah segalanya. Seperti halnya seorang yang gagah perkasa sahabat Umar bin Khatab. Seorang yang dulunya memusuhi Islam, bertolak belakang dengan Islam. Namun, dengan wasilah Al-Qur’an, Allah hadirkan cahaya kebenaran dalam hatinya sehingga ia menjadi sosok yang menjadi icon penting dalam perjalanan kebangkitan Islam.

Jangankan kepada orang-orang yang dulunya memusuhi Islam, Al-Qur’an ini memberikan cahaya. Tapi bagi pribadi yang sedang di rundung masalah, mengharap asa dan organisasi yang terus ber-azam lebih baik dari masa ke masa, interaksi dengan Al-Qur’an lah jawabannya.

Jangankan kepada orang-orang yang sibuk dengan kehidupan dan amanah sendirinya atau organisasinya. Kepada mukmin yang sedang di medan perang pun tetap diperintahkan agar terus membaca dan berinteraksi dengan Al-Qur’an.

Surat Al-Muzzamil ayat 20 mengajarkan kepada kita semua tentang 3 golongan manusia yang terhimpit waktu namun Allah tetap memerintahkan supaya tetap membaca Al-Qur’an meski dalam 3 waktu sempit yaitu :

  1. Golongan orang yang sakit
  2. Golongan orang yang berjalan dimuka bumi untuk mencari karunia Allah ta’ala
  3. Golongan orang yang sedang ada di medan perang.

Cukuplah Al Qur’an sebagai amalannya. Jika kita ditanya, nikmat besar apa yang didapat hari ini? Masih bisa membaca Al Qur’an lah jawabannya. Mari kita hangatkan hari-hari kita, aktifitas kita, ruang kerja kita dan lingkungan kita dengan Al-Qur’an.

Mulailah menyimpan Al-Qur’an di meja-meja kerja kita, dalam menyusun program kerja kita dan yang terpenting saling mengingatkan untuk terus tilawah Al Qur’an setiap harinya.

Semoga dengan ini kita semua menjadi keluarganya Allah SWT dan hadir keberkahan disetiap kegiatan kita. Aamiin

Selamat mengawali hari dengan Al Qur’an.
Wallahu’alam.

Penulis : Sekretaris Mudir Al-Multazam 2, Ade Ramansyah, S.E.I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *