Al-Multazam Tawarkan Solusi Bebas Riba Melalui Koperasi Ummat

Al-Multazam Tawarkan Solusi Bebas Riba Melalui Koperasi Ummat

Al-Multazam (21/1/2020) Tidak dapat dipungkiri bahwa permasalahan ummat saat ini sangatlah kompleks, salah satunya permasalahan ekonomi ummat. Tidak sedikit Umat Islam terjerat permasalahan riba, bukan karena keinginan, banyak juga diantara mereka terdesak kebutuhan sementara penyedia layanan ekonomi berbasiskan syariah masih sedikit dijumpai di kalangan masyarakat. Salah satunya kredit berbunga yang sudah jelas ke-riba-annya banyak dinikmati masyarakat umum.

Berdasarkan latar belakang itulah, Ponpes Terpadu Al-Multazam ingin menjadi bagian dari solusi ummat, salah satunya membebaskan perbudakan riba dengan memberikan solusi syariah kepada masyarakat.

Divisi Otonom tengah mendengarkan paparan dari BMT El-Arbah

Melalui kepercayaan dari Yayasan, Divisi Otonom yang dipimpin oleh Ust. Juheni, S.Ag.,M.Pd., menyiapkan segala perangkat koperasi syariah. Oleh karena itu sebagai langkah awal, tim Divisi Otonom yang didalamnya ada Koperasi melakukan Study Banding ke KSU BMT El-Arbah yang konsen di bidang koperasi syariah.

Melalui studi banding tersebut Koperasi Ummat Al-Multazam akan menyadur bentuk-bentuk transaksi yang telah diverifikasi Dewan Syariah tentang kejelasan hukum syar’inya, sehingga program-program yang akan digulirkan terjamin bebas dari riba dan menguntungkan anggotanya.

Sebagaimana disampaikan oleh Manajer KSU BMT El-Arbah, Ust. Nurusmadi atau lebih dikenal Ust. Uus  bahwa segala sesuatunya harus diperhitungkan, terutama akad syar’inya, sehingga jika ada keraguan dalam akadnya, maka akan langsung dikonsultasikan dengan dewan syariah.

“Jadi program-program yang digulirkan tetap kita konsultasikan dengan dewan syariah, apakah dibolehkan secara syari atau tidak. Jika melanggar syariah maka kita tidak menggulirkannya.” Tuturnya

Selain itu, Ust. Juheni selaku Kepala Divisi Otonom berharap dalam perjalanan awal ini, KSU BMT El-Arbah bersedia membantu sebagai konsultan atau couching untuk Koperasi Ummat Al-Multazam.

Ust. Juheni, S.Ag.,M.Pd.,

“Kami berharap dari BMT bersedia menjadi konsultan atau couching dalam menjalankan koperasi Ummat Al-Multazam.” Harapnya

Dalam perjalanan ini, tentu Koperasi Ummat Al-Multazam punya cita-cita besar yaitu menjadi solusi bagi masyarakat terutama anggota dalam pengadaan kebutuhan baik dengan tunai atau kredit syariah, menjadi mitra dalam pembangunan, bisnis properti, dan usaha-usaha lainnya untuk kemaslahatan ummat. (YY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *