Mimbar Jumat, KH. Adin Nurhaedin, Lc: Inilah 6 Orang Yang Dihinakan Allah Swt

Mimbar Jumat, KH. Adin Nurhaedin, Lc: Inilah 6 Orang Yang Dihinakan Allah Swt

Al-Multazam (1/2) Dalam kesempatan Shalat Jumat Ponpes Terpadu Al-Multazam ini, yang menjadi Khatib adalah guru mulia, KH. Adin Nurhaedin, Lc., selaku Pimpinan Pondok. Setelah memuji Allah Swt, bershalawat Kepada Nabi Muhammad Saw dan Mewasiatkan Taqwa kepada Hadirin, beliau membaca sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya apabila Allah mencitai seorang hamba, maka dia memanggil Jibril ‘Alaihi sallam, seraya berfirman : “Sesungguhnya Aku mencintai Fulan, maka cintailah dia”. Beliau bersabda : “Maka Jibril mencintainya. Kemudian Jibril memanggil (penghuni langit) di langit, lalu berkata : “Sesungguhnya Allah mencintai Fulan, maka cintailah ia”. Maka penghuni langit mencintainya. Beliau bersabda : “Kemudian di bumi ia diterima”: Apabila Allah membenci hamba, maka Dia memanggil Jibril seraya berfirman : “Sesungguhnya Aku membenci Fulan, maka bencilah ia”. Lalu ia di benci oleh Jibril. Kemudian Jibril memanggil penghuni langit : “Sesungguhnya Allah membenci Fulan, maka bencilah kamu sekalian terhadapnya”. Beliau bersabda : “Kemudian ia di bumi dibenci oleh orang-orang”. (Hadits Riwayat Imam Muslim).”

Beliau bersungguh-sungguh mengajak hadirin menjadi bagian dari hamba-hamba Allah yang dicintaiNya dan juga menjauhkan diri dari hamba-hamba yang dibenciNya, sesuai dengan hadits di atas. Karena ketika Allah Swt mencintai seorang hamba maka seluruh penduduk langit dan bumi pun akan mencintainya sekalipun pada awalnya ia membencinya. Begitu juga sebaliknya, ketika Allah Swt membencinya, maka semua penduduk langit dan bumi pun akan membencinya, sekalipun pada awalnya mereka mencintainya.

“Hadirin Rahimakumullah, ketika Allah Swt mencintai seorang hamba, maka seluruh penduduk langit dan bumi pun akan mencintainya sekalipun pada awalnya ia membencinya. Begitu juga sebaliknya, ketika Allah Swt membencinya, maka semua penduduk langit dan bumi pun akan membencinya, sekalipun pada awalnya mereka mencintainya.” Tuturnya dalam pembukaan

Setidaknya ada 6 orang yang dihinakan Allah Swt yang beliau sampaikan di atas mimbar jumat, yaitu :

  1. Pelaku Kemaksiatan, karena orang yang bermaksiat itu sebenarnya telah membungkukan punggungnya karena menaruh beban yang begitu berat.
  2. Orang yang menentang ajaran Islam yaitu orang-orang yang menjadikan agama ini sebagai bahan olok-olokan, maka tunggulah adzab Allah Swt akan menimpa mereka. Umar RA berkata, “Kita dimuliakan Allah dengan Islam dan barang siapa yang mencari kemuliaan dengan selain Islam, maka dia akan dihinakan.” (Ibnu Abdil Birr dalam kitab Al-Mujalasah wa Jawahiril Ilmi, juz II, hlm 273).
  3. Menolak kebenaran karena kesombongan, ingatlah kita pada perkataan Umar bin Khattab Ra. yaitu “Kita dimuliakan Allah Swt dengan Islam, dan barangsiapa mencari kemuliaan selain dengan kemuliaan Islam, maka Allah Swt akan menghinakan mereka.”
  4. Sombong di hadapan makhluk, jangan sombong para penguasa, jangan sombong pemaku jabatan dengan mengatakan “Kami digaji siapa?” seolah-olah pns digaji dari uangnya sendiri, karena orang yang sombong akan dihinakan Allah Swt
  5. Orang zalim, yaitu mereka yang lupa dengan peringatan Allah, dan orang-orang dzalim akan Allah Adzab mereka dengan adzab yang pedih.
  6. Penghamba harta dan kedudukan, orang-orang yang melupakan Allah Swt, maka Allah akan membukan semua pintu kesenangan, dan ketika mereka senang dengan apa yang mereka dapatkan, maka Allah akan ambil dan cabut semuanya secara tiba-tiba, hingga mereka menopang dagu karena terkejut tak menyangka.

Pada penutup beliau berdoa agar semuanya terhindar dari kemurkaan Allah Swt dan menjauhkan kita dari kehinaan. Aamiin (YY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *